Tipe Manusia Investor Dalam Memperoleh Penghasilan dari Investasi

Bagi yang pernah membaca buku Robert T. Kiyosaki tentulah mengerti bahwa ada 4 tipe kuadran manusia pada umumnya dalam memperoleh penghasilan.

Kuadran pertama, tipe Employee, dimana penghasilan diperoleh dari gaji yang diperoleh secara berkala misalnya per hari, per minggu atau per bulan. Orang pada kuadran ini bekerja untuk orang lain (atasan).

Kuadran kedua, tipe Self Employee, dimana penghasilan diperoleh dari gaji yang diperoleh dari usaha yang dilakukan sendiri misalnya dokter praktek, pengacara, dsb.

Kuadran ketiga, tipe Business (Bisnis), dimana penghasilan diperoleh dari income yang diperoleh dari bisnis dengan mempkerjakan orang lain, misalnya memiliki toko, industri/perusahaan

Kuadran keempat, tipe Investor, dimana penghasilan diperoleh dari investasi yang ditanamkan misalnya saham, reksadana, dll.

Pada kuadran keempat Investor menjadikan uang bekerja untuk dirinya, investasi uang untuk memperoleh uang yang lebih banyak.

Ada banyak macam investasi di dunia ini. Termasuk di dunia online ada yang disebut forex, indeks saham, bahkan High Yields Investment (HYIP) yang sangat berisiko tinggi sering kita temui. Terakhir yang cukup menghebohkan adalah Swisscash yang sangat fenomenal selama 2 tahun (2005-2007) yang ujung-ujungnya juga tutup tanpa meninggalkan status yang jelas.

Ingat kata pepatah, investasikanlah uang sebanyak yang Anda sanggup hilang/rugi, karena disitulah letak jiwa investor yang sesungguhnya. Jangan masuk kuadran investasi bila anda belum siap moril maupun materiil.

ANTARA - Ekonomi & Bisnis